do u like batik? MOTIF BATIK INA
11. KARL MARX (1818 - 1883)
Karl Marx, pelopor
utama gagasan "sosialisme ilmiah" dilahirkan tahun 1818 di kota Trier, Jerman,
Ayahnya ahli hukum dan di umur tujuh belas tahun Karl masuk Universitas
Bonn,juga belajar hukum. Belakangan dia pindah ke Universitas Berlin dan
kemudian dapat gelar Doktor dalam ilmu filsafat dari Universitas Jena.
Entah karena lebih tertarik, Marx
menceburkan diri ke dunia jurnalistik dan sebentar menjadi redaktur Rheinische
Zeitung di Cologne. Tapi, pandangan politiknya yang radikal menyeretnya ke dalam
rupa-rupa kesulitan dan memaksanya pindah ke Paris. Di situlah dia mula pertama
bertemu dengan Friederich Engels. Tali persahabatan dan persamaan pandangan
politik mengikat kedua orang ini selaku dwi tunggal hingga akhir hayatnya.
Marx tak bisa lama tinggal di Paris
dan segera ditendang dari sana dan mesti menjinjing koper pindah ke Brussel. Di
kota inilah, tahun 1847 dia pertama kali menerbitkan buah pikirannya yang
penting dan besar The poverty of philosophy (Kemiskinan filsafat). Tahun
berikutnya bersama bergandeng tangan dengan Friederich Engels mereka menerbitkan
Communist Manifesto, buku yang akhirnya menjadi bacaan dunia. Pada tahun itu
juga Marx kembali ke Cologne untuk kemudian diusir lagi dari sana hanya selang
beberapa bulan. Sehabis terusir sana terusir sini, akhirnya Marx menyeberang
Selat Canal dan menetap di London hingga akhir hayatnya.
Meskipun ada hanya sedikit uang di
koceknya berkat pekerjaan jurnalistik, Marx menghabiskan sejumlah besar waktunya
di London melakukan penyelidikan dan menulis buku-buku tentang politik dan
ekonomi. (Di tahun-tahun itu Marx dan familinya dapat bantuan ongkos hidup dari
Friederich Engels kawan karibnya). Jilid pertama Das Kapital, karya ilmiah Marx
terpenting terbit di tahun 1867. Tatkala Marx meninggal di tahun 1883, kedua
jilid sambungannya belum sepenuhnya rampung. Kedua jilid sambungannya itu
disusun dan diterbitkan oIeh Engels berpegang pada catatan-catatan dan naskah
yang ditinggalkan Marx.
Karya tulisan Marx merumuskan dasar
teoritis Komunisme. Ditilik dari perkembangan luarbiasa gerakan ini di abad
ke-20, sangat layaklah kalau dia mendapat tempat dalam urutan tinggi buku ini.
Masalahnya, seberapa tinggi?
Faktor utama bagi keputusan ini
adalah perhitungan arti penting Komunis jangka panjang dalam sejarah. Sejak
tumbuhnya Komunisme sebagai bagian tak terpisahkan dari sejarah masa kini,
terasa sedikit sulit menentukan dengan cermat perspektif masa depannya. Kendati
tak seorang pun sanggup memastikan seberapa jauh Komunisme bisa berkembang dan
berapa lama ideologi ini bisa bertahan, yang sudah pasti dia merupakan ideologi
kuat dan tangguh serta berakar kuat menghunjam ke bumi, dan sudah bisa
dipastikan punya pengaruh besar di dunia untuk paling sedikit beberapa abad
mendatang.
Pada saat kini, sekitar seabad
sesudah kematian Marx, jumlah manusia yang sedikitnya terpengaruh oleh Marxisme
sudah mendekati angka 1,3 milyar banyaknya. Jumlah penganut ini lebih besar dari
jumlah penganut ideologi mana pun sepanjang sejarah manusia. Bukan sekedar
jumlahnya yang mutlak, melainkan juga sebagai kelompok dari keseluruhan penduduk
dunia. Ini mengakibatkan kaum Komunis, dan juga sebagian yang bukan Komunis,
percaya bahwa di masa depan tidak bisa tidak Marxisme akan merebut kemenangan di
seluruh dunia. Namun, adalah sukar untuk memantapkan kebenarannya dengan
keyakinan yang tak bergoyah. Telah banyak contoh-contoh ideologi yang tampaknya
sangat punya pengaruh penting pada jamannya tapi pada akhirnya melayu dan sirna.
(Agama yang didirikan oleh Mani bisa dijadikan misal yang menarik). Jika kita
surut ke tahun 1900, akan tampak jelas bahwa demokrasi konstitusional merupakan
arus yang akan jadi anutan masa depan. Berpegang pada harapan, tampaknya memang
begitu, tapi sekarang tak ada lagi orang yang yakin segalanya sudah terjadi
sebagaimana bayangan semula.
Sekarang menyangkut Komunisme.
Taruhlah seseorang percaya sangat dan tahu persis betapa hebatnya pengaruh
Komunis di dunia saat ini dan di dunia masa depan, orang toh masih
mempertanyakan arti penting Karl Marx di dalam gerakan Komunis. Politik
pemerintah Uni Soviet sekarang kelihatannya tidak terawasi oleh karya-karya Marx
yang menulis dasar-dasar pikiran seperti dialektika gaya Hegel dan tentang teori
"nilai lebih." Teori-teori itu kelihatan kecil pengaruhnya dalam praktek
perputaran roda politik pemerintah Uni Soviet, baik politik dalam maupun luar
negerinya.
Komunisme masa kini menitikberatkan
empat ide: (1) Sekelumit kecil orang kaya hidup dalam kemewahan yang berlimpah,
sedangkan kaum pekerja yang teramat banyak jumlahnya hidup bergelimang papa
sengsara. (2) Cara untuk merombak ketidakadilan ini adalah dengan jalan
melaksanakan sistem sosialis, yaitu sistem di mana alat produksi dikuasai negara
dan bukannya oleh pribadi swasta. (3) Pada umumnya, satu-satunya jalan paling
praktis untuk melaksanakan sistem sosialis ini adalah lewat revolusi kekerasan.
(4) Untuk menjaga kelanggengan sistem sosialis harus diatur oleh kediktatoran
partai Komunis dalam jangka waktu yang memadai.
Tiga dari ide pertama sudah
dicetuskan dengan jelas sebelum Marx. Sedangkan ide keempat berasal dari gagasan
Marx mengenai "diktatur proletariat." Sementara itu, lamanya masa berlaku
kediktatoran Soviet sekarang lebih merupakan hasil dari langkah-langkah Lenin
dan Stalin daripada gagasan tulisan Marx. Hal ini tampaknya menimbulkan anggapan
bahwa pengaruh Marx dalam Komunisme lebih kecil dari kenyataan yang sebenarnya,
dan penghargaan orang terhadap tulisan-tulisannya lebih menyerupai sekedar
etalasi untuk membenarkan sifat "keilmiahan" daripada ide dan politik yang sudah
terlaksana dan diterima.
Sementara boleh jadi ada benarnya
juga anggapan itu, namun tampaknya kelewat berlebihan. Lenin misalnya, tidak
sekedar menganggap dirinya mengikuti ajaran-ajaran Marx, tapi dia betul-betul
membacanya, menghayatinya, dan menerimanya. Dia yakin betul jalan yang
dilimpahkannya persis di atas rel yang dibentangkan Marx. Begitu juga terjadi
pada diri Mao Tse Tung dan pemuka-pemuka Komunis lain. Memang benar, ide-ide
Marx mungkin sudah disalah-artikan dan ditafsirkan lain, tapi hal semacam ini
juga berlaku pada ajaran Yesus atau Buddha atau Islam. Andaikata semua politik
dasar pemerintah Tiongkok maupun Uni Soviet bertolak langsung dari hasil karya
tulisan Marx, dia akan peroleh tingkat urutan lebih tinggi dalam daftar buku
ini.
Mungkin bisa diperdebatkan bahwa
Lenin, politikus praktis yang sesungguhnya mendirikan negara Komunis, memegang
saham besar dalam hal membangun Komunisme sebagai suatu ideologi yang begitu
besar pengaruhnya di dunia. Pendapat ini masuk akal. Lenin benar-benar seorang
tokoh penting. Tapi, menurut hemat saya, tulisan-tulisan Marx yang begitu hebat
pengaruhnya terhadap jalan pikiran bukan saja Lenin tapi juga pemuka-pemuka
Komunis lain, jelas punya kedudukan lebih penting.
Juga ada peluang untuk diperdebatkan
apakah penghargaan atas terumusnya Marxisme tidak harus dibagi antara Karl Marx
dan Friederich Engels. Mereka berdua menulis "Manifesto Komunis" dan Engels
jelas punya pengaruh mendalam terhadap penyelesaian final Das Kapital. Meskipun
masing-masing menulis buku atas namanya sendiri-sendiri tapi kerjasama
intelektual mereka begitu intimnya sehingga hasil keseluruhan dapat dianggap
sebagai suatu karya bersama. Memang, Marx dan Engels diperlakukan sebagai satu
kesatuan dalam buku ini walaupun yang dicantumkan cuma nama Marx karena (saya
pikir saya benar) dia dianggap partner yang dominan dalam arti luas.
Akhirnya, sering dituding orang
bahwa teori Marxis di bidang ekonomi sangatlah buruk dan banyak keliru. Tentu
saja, banyak dugaan-dugaan tertentu Marx terbukti meleset. Misalnya, Marx
meramalkan bahwa dalam negeri-negeri kapitalis kaum buruh akan semakin melarat
dalam perjalanan sang waktu. Jelas, ramalan ini tidak terbukti. Marx juga
memperhitungkan bahwa kaum menengah akan disapu dan sebagian besar
orang-orangnya akan masuk ke dalam golongan proletar dan hanya sedikit yang bisa
bangkit dan masuk dalam kelas kapitalis. Ini pun jelas tak pernah terbukti. Marx
juga tampaknya percaya, meningkatnya mekanisasi akan mengurangi keuntungan kaum
kapitalis, kepercayaan yang bukan saja salah tapi sekaligus juga tampak tolol.
Tapi, terlepas apakah teori ekonominya benar atau salah, semua itu tidak ada
sangkut-pautnya dengan pengaruh Marx. Arti penting seorang filosof terletak
bukan pada kebenaran pendapatnya tapi terletak pada masalah apakah buah
pikirannya telah menggerakkan orang untuk bertindak atau tidak. Diukur dari
sudut ini, tak perlu diragukan lagi Karl Marx punya arti penting yang luarbiasa
hebatnya.
12 LOUIS PASTEUR 1822-1895
Ahli kimia dan
biolog Perancis, Louis Pasteur, umumnya dianggap jempolan bin jempolan dalam
sejarah obat-obatan. Pasteur memang menyuguhkan banyak sumbangan pikiran penting
bagi kepentingan ilmu pengetahuan. Tetapi yang paling menonjol pada dirinya
ialah pendapatnya tentang teori baksil penyakit dan pengembangan teknik
pencegahan lewat penyuntikan.
Pasteur lahir di kota Dole tahun
1822, bagian timur Perancis. Sebagai mahasiswa di Paris dia memperdalam ilmu
pengetahuan. Kegeniusannya belum tampak tatkala jadi mahasiswa bahkan salah
seorang mahagurunya menganggap Pasteur "sedang-sedang" saja dalam ilmu kimia.
Baru sesudah dia meraih gelar Doktor di tahun 1847, Pasteur membuktikan ucapan
profesornya keliru besar. Penyelidikannya tentang asam traktat (tartaric acid)
pada kaca mengangkat derajatnya ke tingkat ahli kimia yang tersohor di saat
umurnya baru dua puluh enam tahun.
Kemudian dia mengalihkan
perhatiannya kepada penyelidikan tentang peragian dan membuktikan bahwa proses
ini persis seperti proses yang terjadi pada sejenis mikro organisme lainnya
dapat memprodusir hasil-hasil yang tidak dikehendaki dalam hal peragian minuman.
Pendapat ini segera menuntunnya kegagasan lain bahwa semacam mikro organisme
dapat pula menghasilkan hal-hal yang tidak diharapkan dan dapat membawa pengaruh
baik terhadap manusia maupun hewan.
Pasteur bukanlah orang pertama yang
memasalahkan teori baksil penyakit. Hipotesa serupa telah pernah dikembangkan
lebih dulu oleh Girolamo Fracastoro, Friedrich Henle dan banyak lainnya lagi.
Tetapi, Pasteurlah yang paling menonjol dalam hal teori kuman penyakit yang
dibuktikannya lewat serentetan percobaan dan demonstrasi yang merupakan faktor
utama dan meyakinkan masyarakat cerdik pandai bahwa teorinya benar.
Apabila penyakit disebabkan oleh
baksil, tampaknya masuk akal bahwa dengan mencegah masuknya baksil itu ke dalam
tubuh manusia, penyakit itu bisa dihindari. Karena itu Pasteur menekankan
pentingnya metode antiseptik buat para dokter, dan dia punya pengaruh besar
terhadap Joseph Lister yang memperkenalkan cara antiseptik kedalam bidang
pembedahan.
Bakteri yang berbahaya dapat
memasuki tubuh manusia lewat makanan dan minuman. Pasteur mengembangkan teknik
(biasa disebut pasteurisasi) untuk memusnahkan mikro organisme dalam minuman.
Teknik ini, jika dipraktekkan, dapat membinasakan susu yang kejangkitan hama
sebagai penyebab infeksi.
Tatkala umurnya mendekati
pertengahan lima puluhan, Pasteur beralih lagi perhatiannya kepada penyelidikan
baksil penyakit ternak, sejenis penyakit infeksi serius yang menyerang binatang
ternak dan binatang-binatang lain, tidak kecuali manusia. Pasteur mampu
menunjukkan bahwa sejenis baksil menjadi sebab sesuatu penyakit. Karya lebih
penting lainnya ialah pengembangan tekniknya memproduksi corak baksil penyakit
ternak yang sudah dilemahkan. Dengan cara disuntikkan ke tubuh ternak, baksil
penyakit yang sudah dilemahkan ini dapat menimbulkan penyakit yang ringan dan
tidak mengakibatkan fatal sehingga memungkinkan ternak-ternak itu memperoleh
kekebalan untuk menghadapi penyakit normal. Demonstrasi Pasteur di depan umum
mengenai efektivitas teknik mengebalkan hewan dari baksil penyakit ternak
menimbulkan kegemparan. Segera disadari bahwa metode umum dapat digunakan untuk
pencegahan rupa-rupa penyakit masyarakat.
Pasteur dalam laboratoriumnya
Penemuan pribadi Pasteur yang paling
termasyhur adalah pengembangan teknik penyuntikan terhadap manusia untuk
mencegah penyakit Rabies yang ditakuti. Lain-lain ilmuwan, dengan meniru gagasan
dasar Pasteur, sejak itu mengembangkan vaksin untuk mencegah lain-lain penyakit
berat seperti tifus dan poliomyelitis.
Pasteur, seorang yang suka kerja
luar biasa banyak, menciptakan penemuan-penemuan kurang penting namun tetap
berguna bagi keharuman namanya. Adalah tak lain dari penemuannya --melebihi arti
penemuan orang-orang lain-- yang secara meyakinkan mendemonstrasikan bahwa mikro
organisme tidak tumbuh lewat pembiakan. Pasteur juga menemukan fenomena
anaerobiosis, misalnya sesuatu mikro organisme dapat hidup dalam ketiadaan udara
maupun oksigen. Karya Pasteur mengenai penyakit ulat sutera mendatangkan nilai
komersial yang tinggi. Penemuan lainnya adalah pengembangan vaksin untuk
mencegah berjangkitnya penyakit kolera pada ayam dan penyakit yang menyerang
unggas. Pasteur menghembuskan nafas terakhir di dekat Paris tahun 1895.
Orang sering membuat bandingan
antara Pasteur dengan Edward Jenner, ahli fisika Inggris yang mengembangkan
vaksin untuk pencegahan cacar. Meskipun Jenner melakukannya 80 tahun sebelum
Pasteur, saya menganggap arti penting Jenner tidaklah sebesar Pasteur, karena
sistem pengebalannya berlaku hanya untuk satu jenis penyakit saja, sedangkan
sistem Pasteur dapat --dan telah terbukti-- ampuh untuk mengebalkan terhadap
banyak penyakit.
Terhitung sejak pertengahan abad
ke-19, kebutuhan hidup penduduk dunia nyaris bertambah dua kali hpat.
Pertambahan kebutuhan yang bukan kepalang cepat dan beraneka luas jangkauannya
ini lebih hebat dari apa yang pernah terjadi di sepanjang sejarah ummat manusia.
Akibatnya, pengetahuan modern dan dunia kedokteran sebetulnya telah menyuguhkan
kita masa kehidupan yang kedua. Apabila penambahan jangka perpanjangan ini dapat
dihubungkan dengan semata-mata karya usaha Pasteur, saya tidak ragu dan bimbang
lagi menempatkannya pada tingkat pertama dalam daftar urutan buku ini.
Bagaimanapun, sumbangan Pasteur begitu mendasarnya sehingga tak perlu
dipertanyakan lagi bahwa Pasteur punya saham besar dalam hal mencegah angka
kematian pada akhir abad ini. Dan karena itu Pasteur layak ditempatkan dalam
urutan tinggi daftar buku ini.
13 GALILEO GALILEI 1564-1642
Ilmuwan Itali
besar ini mungkin lebih bertanggung jawab terhadap perkembangan metode ilmiah
dari siapa pun juga. Galileo lahir di Pisa, tahun 1564. Selagi muda belajar di
Universitas Pisa tetapi mandek karena urusan keuangan. Meski begitu tahun 1589
dia mampu dapat posisi pengajar di universitas itu. Beberapa tahun kemudian dia
bergabung dengan Universitas Padua dan menetap di sana hingga tahun 1610. Dalam
masa inilah dia menciptakan tumpukan penemuan-penemuan ilmiah.
Sumbangan penting pertamanya di
bidang mekanika. Aristoteles mengajarkan, benda yang lebih berat jatuh lebih
cepat ketimbang benda yang lebih enteng, dan bergenerasi-generasi kaum cerdik
pandai menelan pendapat filosof Yunani yang besar pengaruh ini. Tetapi, Galileo
memutuskan mencoba dulu benar-tidaknya, dan lewat serentetan eksperimen dia
berkesimpulan bahwa Aristoteles keliru. Yang benar adalah, baik benda berat
maupun enteng jatuh pada kecepatan yang sama kecuali sampai batas mereka
berkurang kecepatannya akibat pergeseran udara. (Kebetulan, kebiasaan Galileo
melakukan percobaan melempar benda dari menara Pisa tampaknya tanpa sadar).
Mengetahui hal ini, Galileo
mengambil langkah-langkah lebih lanjut. Dengan hati-hati dia mengukur jarak
jatuhnya benda pada saat yang ditentukan dan mendapat bukti bahwa jarak yang
dilalui oleh benda yang jatuh adalah berbanding seimbang dengan jumlah detik
kwadrat jatuhnya benda. Penemuan ini (yang berarti penyeragaman percepatan)
memiliki arti penting tersendiri. Bahkan lebih penting lagi Galileo berkemampuan
menghimpun hasil penemuannya dengan formula matematik. Penggunaan yang luas
formula matematik dan metode matematik merupakan sifat penting dari ilmu
pengetahuan modern.
Sumbangan besar Galileo lainnya
ialah penemuannya mengenai hukum kelembaman. Sebelumnya, orang percaya bahwa
benda bergerak dengan sendirinya cenderung menjadi makin pelan dan sepenuhnya
berhenti kalau saja tidak ada tenaga yang menambah kekuatan agar terus bergerak.
Tetapi percobaan-percobaan Galileo membuktikan bahwa anggapan itu keliru.
Bilamana kekuatan melambat seperti misalnya pergeseran, dapat dihilangkan, benda
bergerak cenderung tetap bergerak tanpa batas. Ini merupakan prinsip penting
yang telah berulang kali ditegaskan oleh Newton dan digabungkan dengan sistemnya
sendiri sebagai hukum gerak pertama salah satu prinsip vital dalam ilmu
pengetahuan.
Menara miring Pisa yang dianggap digunakan oleh Galileo mendemonstrasikan hukum-hukum mengenai jatuhnya sesuatu benda
Penemuan Galileo yang paling masyhur
adalah di bidang astronomi. Teori perbintangan di awal tahun 1600-an berada
dalam situasi yang tak menentu. Terjadi selisih pendapat antara penganut teori
Copernicus yang matahari-sentris dan penganut teori yang lebih lama, yang
bumi-sentris. Sekitar tahun 1609 Galileo menyatakan kepercayaannya bahwa
Copernicus berada di pihak yang benar, tetapi waktu itu dia tidak tahu cara
membuktikannya. Di tahun 1609, Galileo dengar kabar bahwa teleskop diketemukan
orang di Negeri Belanda. Meskipun Galileo hanya mendengar samar-samar saja
mengenai peralatan itu, tetapi berkat kegeniusannya dia mampu menciptakan
sendiri teleskop. Dengan alat baru ini dia mengalihkan perhatiannya ke langit
dan hanya dalam setahun dia sudah berhasil membikin serentetan penemuan
besar.
Dilihatnya bulan itu tidaklah rata
melainkan benjol-benjol, penuh kawah dan gunung-gunung. Benda-benda langit,
kesimpulannya, tidaklah rata serta licin melainkan tak beraturan seperti halnya
wajah bumi. Ditatapnya Bima Sakti dan tampak olehnya bahwa dia itu bukanlah
semacam kabut samasekali melainkan terdiri dari sejumlah besar bintang-bintang
yang dengan mata telanjang memang seperti teraduk dan membaur satu sama
lain.
Kemudian diincarnya planit-planit
dan tampaklah olehnya Saturnus bagaikan dilingkari gelang. Teleskopnya melirik
Yupiter dan tahulah dia ada empat buah bulan berputar-putar mengelilingi planit
itu. Di sini terang-benderanglah baginya bahwa benda-benda angkasa dapat
berputar mengitari sebuah planit selain bumi. Keasyikannya menjadi-jadi:
ditatapnya sang surya dan tampak olehnya ada bintik-bintik dalam wajahnya.
Memang ada orang lain sebelumnya yang juga melihat bintik-bintik ini, tetapi
Galileo menerbitkan hasil penemuannya dengan cara yang lebih efektif dan
menempatkan masalah bintik-bintik matahari itu menjadi perhatian dunia ilmu
pengetahuan. Selanjutnya, penelitiannya beralih ke planit Venus yang memiliki
jangka serupa benar dengan jangka bulan. Ini merupakan bagian dari bukti penting
yang mengukuhkan teori Copernicus bahwa bumi dan semua planit lainnya berputar
mengelilingi matahari.
Ilustrasi dari hukum daya pengungkit
Galileo dipetik dari buku Galileo 'Perbincangan Matematik dan Peragaan'
Penemuan teleskop dan serentetan
penemuan ini melempar Galileo ke atas tangga kemasyhuran. Sementara itu,
dukungannya terhadap teori Copernicus menyebabkan dia berhadapan dengan kalangan
gereja yang menentangnya habis-habisan. Pertentangan gereja ini mencapai
puncaknya di tahun 1616: dia diperintahkan menahan diri dari menyebarkan
hipotesa Copernicus. Galileo merasa tergencet dengan pembatasan ini selama
bertahun-tahun. Baru sesudah Paus meninggal tahun 1623, dia digantikan oleh
orang yang mengagumi Galileo. Tahun berikutnya, Paus baru ini --Urban VIII--
memberi pertanda walau samar-samar bahwa larangan buat Galileo tidak lagi
dipaksakan.
Enam tahun berikutnya Galileo
menghabiskan waktu menyusun karya ilmiahnya yang penting Dialog Tentang Dua
Sistem Penting Dunia. Buku ini merupakan peragaan hebat hal-hal yang menyangkut
dukungan terhadap teori Copernicus dan buku ini diterbitkan tahun 1632 dengan
ijin sensor khusus dari gereja. Meskipun begitu, penguasa-penguasa gereja
menanggapi dengan sikap berang tatkala buku terbit dan Galileo langsung diseret
ke muka Pengadilan Agama di Roma dengan tuduhan melanggar larangan tahun
1616.
Tetapi jelas, banyak
pembesar-pembesar gereja tidak senang dengan keputusan menghukum seorang sarjana
kenamaan. Bahkan dibawah hukum gereja saat itu, kasus Galileo dipertanyakan dan
dia cuma dijatuhi hukuman enteng. Galileo tidak dijebloskan ke dalam bui tetapi
sekedar kena tahanan rumah di rumahnya sendiri yang cukup enak di sebuah villa
di Arcetri. Teorinya dia tidak boleh terima tamu, tetapi nyatanya aturan itu
tidak dilaksanakan sebagaimana mestinya. Hukuman lain terhadapnya hanyalah suatu
permintaarn agar dia secara terbuka mencabut kembali pendapatnya bahwa bumi
berputar mengelilingi matahari. Ilmuwan berumur 69 tahun ini melaksanakannya di
depan pengadilan terbuka. (Ada ceritera masyhur yang tidak tentu benarnya bahwa
sehabis Galileo menarik lagi pendapatnya dia menunduk ke bumi dan berbisik
pelan, "Tengok, dia masih terus bergerak!"). Di kota Arcetri dia meneruskan
kerja tulisnya di bidang mekanika. Galileo meninggal tahun 1642.
Sumbangan besar Galileo terhadap
kemajuan ilmu pengetahuan sudah lama dikenal. Arti penting peranannya terletak
pada penemuan-penemuan ilmiah seperti hukum kelembaman, penemuan teleskopnya,
pengamatan bidang astronominya dan kegeniusannya membuktikan hipotesa
Copernicus. Dan yang lebih penting adalah peranannya dalam hal pengembangan
metodologi ilmu pengetahuan. Umumnya para filosof alam mendasarkan pendapatnya
pada pikiran-pikiran Aristoteles serta membuat penyelidikan secara kualitatif
dan fenomena yang terkategori. Sebaliknya, Galileo menetapkan fenomena dan
melakukan pengamatan atas dasar kuantitatif. Penekanan yang cermat terhadap
perhitungan secara kuantitatif sejak itu menjadi dasar penyelidikan ilmu
pengetahuan di masa-masa berikutnya.
Galileo mungkin lebih punya tanggung
jawab daripada orang mana pun untuk penyelidikan ilmiah dengan sikap empiris.
Dialah, dan bukannya yang lain, yang pertama kali menekankan arti penting
peragaan percobaan-percobaan, dia menolak pendapat bahwa masalah-masalah ilmiah
dapat diputuskan bersama dengan kekuasaan, apakah kekuasaan itu namanya Gereja
atau kaidah dalil Aristoteles. Dia juga menolak keras bersandar pada skema-skema
yang menggunakan alasan ruwet dan bukannya bersandar pada dasar percobaan yang
mantap. Cerdik cendikiawan abad tengah memperbincangkan bertele-tele apa yang
harus terjadi dan mengapa sesuatu hal terjadi, tetapi Galileo bersikeras pada
arti penting melakukan percobaan untuk memastikan apa sesungguhnya yang terjadi.
Pandangan ilmiahnya jelas gamblang tidak berbau mistik, dan dalam hubungan ini
dia bahkan lebih modern ketimbang para penerusnya, seperti misalnya Newton.
Galileo, dapat dianggap orang yang
taat beragama. Lepas dari hukuman yang dijatuhkan terhadap dirinya dan
pengakuannya, dia tidak menolak baik agama maupun gereja. Yang ditolaknya
hanyalah percobaan pembesar-pembesar gereja untuk menekan usaha penyelidikan
ilmu pengetahuannya. Generasi berikutnya amat beralasan mengagumi Gahleo sebagai
lambang pemberontak terhadap dogma dan terhadap kekuasaan otoriter yang mencoba
membelenggu kemerdekaan berfikir. Arti pentingnya yang lebih menonjol lagi
adalah peranan yang dimainkannya dalam hal meletakkan dasar-dasar metode ilmu
pengetahuan modern.
Situs web
- http://www-groups.dcs.st-and.ac.uk/~history/Mathematicians/Galileo.html
- http://galileo.rice.edu/
- http://www.hao.ucar.edu/public/education/sp/images/galileo.html
- http://www.bbc.co.uk/history/historic_figures/galilei_galileo.shtml
14 ARISTOTELES 384 SM-322 SM
Nyaris tak
terbantahkan, Aristoteles seorang filosof dan ilmuwan terbesar dalam dunia masa
lampau. Dia memelopori penyelidikan ihwal logika, memperkaya hampir tiap cabang
falsafah dan memberi sumbangsih tak terperikan besarnya terhadap ilmu
pengetahuan.
Banyak ide-ide Aristoteles kini
sudah ketinggalan jaman. Tetapi yang paling penting dari apa yang pernah
dilakukan Aristoteles adalah pendekatan rasional yang senantiasa melandasi
karyanya. Tercermin dalam tulisantulisan Aristoteles sikapnya bahwa tiap segi
kehidupan manusia atau masyarakat selalu terbuka untuk obyek pemikiran dan
analisa. Pendapat Aristoteles, alam semesta tidaklah dikendalikan oleh serba
kebetulan, oleh magi, oleh keinginan tak terjajaki kehendak dewa yang terduga,
melainkan tingkah laku alam semesta itu tunduk pada hukum-hukum rasional.
Kepercayaan ini menurut Aristoteles diperlukan bagi manusia untuk mempertanyakan
tiap aspek dunia alamiah secara sistematis dan kita mesti memanfaatkan baik
pengamatan empiris dan alasan-alasan yang logis sebelum mengambil keputusan.
Rangkaian sikap-sikap ini --yang bertolak belakang dengan tradisi, takhyul dan
mistik-- telah mempengaruhi secara mendalam peradaban Eropa.
Aristoteles dilahirkan di kota
Stagira, Macedonia, 384 SM. Ayahnya seorang ahli fisika kenamaan. Pada umur
tujuh belas tahun Aristoteles pergi ke Athena belajar di Akademi Plato. Dia
menetap di sana selama dua puluh tahun hingga tak lama Plato meninggal dunia.
Dari ayahnya, Aristoteles mungkin memperoleh dorongan minat di bidang biologi
dan "pengetahuan praktis". Di bawah asuhan Plato dia menanamkan minat dalam hal
spekulasi filosofis.
Pada tahun 342 SM Aristoteles pulang
kembali ke Macedonia, menjadi guru seorang anak raja umur tiga belas tahun yang
kemudian dalam sejarah terkenal dengan Alexander Yang Agung. Aristoteles
mendidik si Alexander muda dalam beberapa tahun. Di tahun 335 SM, sesudah
Alexander naik tahta kerajaan, Aristoteles kembali ke Athena dan di situ
dibukanya sekolahnya sendiri, Lyceum. Dia berada di Athena dua belas tahun, satu
masa yang berbarengan dengan karier penaklukan militer Alexander. Alexander
tidak minta nasehat kepada bekas gurunya, tetapi dia berbaik hati menyediakan
dana buat Aristoteles untuk melakukan penyelidikan-penyelidikan. Mungkin ini
merupakan contoh pertama dalam sejarah seorang ilmuwan menerima jumlah dana
besar dari pemerintah untuk maksud-maksud penyelidikan dan sekaligus merupakan
yang terakhir dalam abad-abad berikutnya.
Walau begitu, pertaliannya dengan
Alexander mengandung pelbagai bahaya. Aristoteles menolak secara prinsipil cara
kediktatoran Alexander dan tatkala si penakluk Alexander menghukum mati sepupu
Aristoteles dengan tuduhan menghianat, Alexander punya pikiran pula membunuh
Aristoteles. Di satu pihak Aristoteles kelewat demokratis di mata Alexander, dia
juga punya hubungan erat dengan Alexander dan dipercaya oleh orang-orang Athena.
Tatkala Alexander mati tahun 323 SM golongan anti-Macedonia memegang tampuk
kekuasaan di Athena dan Aristoteles pun didakwa kurang ajar kepada dewa.
Aristoteles, teringat nasib yang menimpa Socrates 76 tahun sebelumnya, lari
meninggalkan kota sambil berkata dia tidak akan diberi kesempatan kedua kali
kepada orang-orang Athena berbuat dosa terhadap para filosof. Aristoteles
meninggal di pembuangan beberapa bulan kemudian di tahun 322 SM pada umur enam
puluh dua tahun.
Aristoteles dengan muridnya,
Alexander
Hasil murni karya Aristoteles
jumlahnya mencengangkan. Empat puluh tujuh karyanya masih tetap bertahan. Daftar
kuno mencatat tidak kurang dari seratus tujuh puluh buku hasil ciptaannya.
Bahkan bukan sekedar banyaknya jumlah judul buku saja yang mengagumkan,
melainkan luas daya jangkauan peradaban yang menjadi bahan renungannya juga tak
kurang-kurang hebatnya. Kerja ilmiahnya betul-betul merupakan ensiklopedi ilmu
untuk jamannya. Aristoteles menulis tentang astronomi, zoologi, embryologi,
geografi, geologi, fisika, anatomi, physiologi, dan hampir tiap karyanya dikenal
di masa Yunani purba. Hasil karya ilmiahnya, merupakan, sebagiannya, kumpulan
ilmu pengetahuan yang diperolehnya dari para asisten yang spesial digaji untuk
menghimpun data-data untuknya, sedangkan sebagian lagi merupakan hasil dari
serentetan pengamatannya sendiri.
Untuk menjadi seorang ahli paling
jempolan dalam tiap cabang ilmu tentu kemustahilan yang ajaib dan tak ada
duplikat seseorang di masa sesudahnya. Tetapi apa yang sudah dicapai oleh
Aristoteles malah lebih dari itu. Dia filosof orisinal, dia penyumbang utama
dalam tiap bidang penting falsafah spekulatif, dia menulis tentang etika dan
metafisika, psikologi, ekonomi, teologi, politik, retorika, keindahan,
pendidikan, puisi, adat-istiadat orang terbelakang dan konstitusi Athena. Salah
satu proyek penyelidikannya adalah koleksi pelbagai negeri yang digunakannya
untuk studi bandingan.
Mungkin sekali, yang paling penting
dari sekian banyak hasil karyanya adalah penyelidikannya tentang teori logika,
dan Aristoteles dipandang selaku pendiri cabang filosofi yang penting ini. Hal
ini sebetulnya berkat sifat logis dari cara berfikir Aristoteles yang
memungkinkannya mampu mempersembahkan begitu banyak bidang ilmu. Dia punya bakat
mengatur cara berfikir, merumuskan kaidah dan jenis-jenisnya yang kemudian jadi
dasar berpikir di banyak bidang ilmu pengetahuan. Aristoteles tak pernah
kejeblos ke dalam rawa-rawa mistik ataupun ekstrim. Aristoteles senantiasa
bersiteguh mengutarakan pendapat-pendapat praktis. Sudah barang tentu, manusia
namanya, dia juga berbuat kesalahan. Tetapi, sungguh menakjubkan sekali betapa
sedikitnya kesalahan yang dia bikin dalam ensiklopedi yang begitu luas.
Pengaruh Aristoteles terhadap cara
berpikir Barat di belakang hari sungguh mendalam. Di jaman dulu dan jaman
pertengahan, hasil karyanya diterjemahkan ke dalam bahasa-bahasa Latin, Arab,
Itali, Perancis, Ibrani, Jerman dan Inggris. Penulis-penulis Yunani yang muncul
kemudian, begitu pula filosof-filosof Byzantium mempelajari karyanya dan menaruh
kekaguman yang sangat. Perlu juga dicatat, buah pikirannya banyak membawa
pengaruh pada filosof Islam dan berabad-abad lamanya tulisan-tulisannya
mendominir cara berpikir Barat. Ibnu Rusyd (Averroes), mungkin filosof Arab yang
paling terkemuka, mencoba merumuskan suatu perpaduan antara teologi Islam dengan
rasionalismenya Aristoteles. Maimomides, pemikir paling terkemuka Yahudi abad
tengah berhasil mencapai sintesa dengan Yudaisme. Tetapi, hasil kerja paling
gemilang dari perbuatan macam itu adalah Summa Theologia-nya cendikiawan Nasrani
St. Thomas Aquinas. Di luar daftar ini masih sangat banyak kaum cerdik pandai
abad tengah yang terpengaruh demikian dalamnya oleh pikiran Aristoteles.
Kekaguman orang kepada Aristoteles
menjadi begitu melonjak di akhir abad tengah tatkala keadaan sudah mengarah pada
penyembahan berhala. Dalam keadaan itu tulisan-tulisan Aristoteles lebih
merupakan semacam bungkus intelek yang jitu tempat mempertanyakan problem lebih
lanjut daripada semacam lampu penerang jalan. Aristoteles yang gemar meneliti
dan memikirkan ihwal dirinya tak salah lagi kurang sepakat dengan sanjungan
membabi buta dari generasi berikutnya terhadap tulisan-tulisannya.
Beberapa ide Aristoteles kelihatan
reaksioner diukur dengan kacamata sekarang. Misalnya, dia mendukung perbudakan
karena dianggapnya sejalan dengan garis hukum alam. Dan dia percaya kerendahan
martabat wanita ketimbang laki-laki. Kedua ide ini-tentu saja --mencerminkan
pandangan yang berlaku pada jaman itu. Tetapi, tak kurang pula banyaknya buah
pikiran Aristoteles yang mencengangkan modernnya, misalnya kalimatnya,
"Kemiskinan adalah bapaknya revolusi dan kejahatan," dan kalimat "Barangsiapa
yang sudah merenungi dalam-dalam seni memerintah manusia pasti yakin bahwa nasib
sesuatu emperium tergantung pada pendidikan anak-anak mudanya." (Tentu saja,
waktu itu belum ada sekolah seperti yang kita kenal sekarang).
Di abad-abad belakangan, pengaruh
dan reputasi Aristoteles telah merosot bukan alang kepalang. Namun, saya pikir
pengaruhnya sudah begitu menyerap dan berlangsung begitu lama sehingga saya
menyesal tidak bisa menempatkannya lebih tinggi dari tingkat urutan seperti
sekarang ini. Tingkat urutannya sekarang ini terutama akibat amat pentingnya
ketiga belas orang yang mendahuluinya dalam urutan.
15 LENIN 1870-1924
Vladimir Ilyich
Ulyanov Lenin seorang pemimpin politik yang paling bertanggung jawab terhadap
berdirinya Komunisme di Rusia. Sebagai penganut Karl Marx yang gigih dan setia,
Lenin meletakkan dasar politik yang hanya bisa dibayangkan oleh Karl Marx
seorang. Begitu cepatnya Lenin menyebar Komunisme ke seluruh penjuru dunia, dia
mesti diakui sebagai salah seorang yang paling berpengaruh dalam sejarah
manusia.
Lahir di Simbirsk (kini ganti jadi
Ulyanovsk untuk menghormatinya) pada tahun 1870. Ayahnya seorang pegawai negeri
yang patuh tetapi kakaknya Alexander adalah seorang radikal yang dijatuhi
hukuman mati karena ambil bagian dalam komplotan mau bunuh Tsar. Pada umur dua
puluh tiga Lenin sudah menjadi seorang Marxis yang berkobar-kobar. Bulan
Desember 1895 dia ditahan oleh pemerintah Tsar karena kegiatan revolusionernya
dan dijebloskan ke dalam penjara selama empat belas bulan. Sesudah itu dia
dibuang ke Siberia.
Selama tiga tahun di Siberia (yang
tampaknya tidak digubrisnya sebagai siksaan) dia kawin dengan wanita yang juga
berfaham revolusioner dan menulis buku Pertumbuhan Kapitalisme di Rusia. Masa
pembuangannya di Siberia berakhir bulan Februari 1900 dan beberapa bulan
kemudian Lenin melakukan perjalanan ke Eropa Barat. Tak kurang dari tujuh belas
tahun lamanya dia berkelana, menjadi seorang mahaguru revolusioner. Tatkala
Partai Buruh Sosial-Demokrat Rusia dimana Lenin jadi anggota pecah jadi dua
bagian, Lenin jadi pimpinan pecahan yang lebih besar, Bolsheviks.
Perang Dunia I membuka peluang besar
buat Lenin. Perang ini membawa malapetaka baik militer maupun ekonomi bagi Rusia
dan akibatnya menambah ketidakpuasan rakyat kepada sistem pemerintahan Tsar.
Akhirnya pemerintah Tsar ini digulingkan di bulan Maret tahun 1917 dan untuk
sementara waktu tampaknya Rusia dipimpin oleh sebuah pemerintah demokratis.
Begitu mendengar kejatuhan Tsar, Lenin buru-buru pulang ke .Rusia dan
sesampainya di negeri asalnya ia dengan cepat dapat melihat dan mengambil
kesimpulan bahwa partai-partai demokratis --walau sudah mendirikan pemerintahan
sementara-- tak punya daya kekuatan cukup dan kondisi ini sangat baik buat
partai Komunis yang punya pegangan disiplin kuat untuk menguasai keadaan biarpun
anggotanya sedikit. Karena itu Lenin mendorong kaum Bolshevik melompat kedepan
mengguhngkan pemerintahan sementara dan menggantinya dengan pemerintahan
Komunis. Percobaan pemberontakan di bulan Juli tidak berhasil dan memaksa Lenin
menyembunyikan diri. Percobaan kedua di bulan Nopember 1917 berhasil dan Lenin
menjadi kepala negara baru.
Selaku kepala pemerintahan, Lenin
keras tetapi di lain pihak dia amat pragmatis. Mula-mula dia ajukan tekanan yang
tak kenal kompromi adanya masa transisi singkat menuju masyarakat yang
ekonominya sepenuhnya berdasar sosialisme. Ketika ini tidak jalan, dengan luwes
Lenin mundur dan mengambil jalan sistem ekonomi campuran kapitalis-sosialistis.
Ini berjalan di Uni Soviet selama beberapa tahun.
Di bulan Mei 1922 Lenin sakit keras
sehingga antara serangan sakit itu hingga wafatnya tahun 1924 praktis Lenin
tidak bisa berbuat apa-apa. Begitu wafat, jasadnya dengan cermat dibalsem dan
dipelihara, dibaringkan di musoleum di Lapangan Merah hingga saat ini.
Ciri penting dari Lenin adalah dia
seorang yang cepat bertindak sehingga dialah orang yang mendirikan pemerintahan
Komunis di Rusia. Dia menganut ajaran Karl Marx dan menterjemahkannya dalam
bentuk tindakan politik praktis yang nyata. Sejak bulan Nopember 1917 telah
terjadi ekspansi kekuatan Komunis ke seluruh dunia. Kini, sekitar sepertiga
penduduk dunia menganut faham Komunis.
Biarpun arti penting Lenin terletak
pada seorang pemimpin politik praktis, Lenin juga menunjang pengaruhnya lewat
tulisan-tulisan. Pikiran-pikiran Lenin tidaklah bertentangan dengan Marx tetapi
ada perubahan tekanan. Lenin kelewat terpukau oleh taktik-taktik revolusi dan
dia merasa punya kelebihan khusus dalam urusan ini. Dia tak henti-hentinya
menekankan perlunya penggunaan kekerasan: "Tak ada masalah apa pun dalam
hubungan perjuangan kelas dapat diselesaikan tanpa kekerasan," adalah ungkapan
khasnya. Marx hanya mengaitkan perlunya kediktatoran proletariat sekali-sekali
saja, tetapi Lenin sudah terlalu tergoda dengan itu. Misalnya ucapannya:
"Diktatur proletariat tak lain dan tak bukan daripada kekuasaan berdasarkan
kekerasan yang tak ada batasnya, baik batas hukum maupun batas aturan
absolut."
Ide Lenin tentang kediktatoran
sesungguhnya lebih penting ketimbang politik ekonominya. Ciri terpokok
pemerintahan Soviet bukanlah di bidang politik ekonominya (banyak pemerintahan
sosialis di banyak negeri) tetapi ciri pokoknya lebih terletak pada teknik
mempertahankan kekuasaan politik untuk jangka waktu tak terbatas. Terhitung
sejak saat Lenin hidup, tak ada satu pun pemerintah Komunis di mana pun juga di
dunia ini --sekali berdiri dengan kokohnya-- dapat tergulingkan. Dengan
pengawasan yang seksama terhadap semua lembaga kekuasaan dalam negeri --mass
media, bank, gereja, serikat buruh dan lain-lain-- pemerintahan Komunis
tampaknya sudah mengikis adanya kemungkinan-kemungkinan penggulingan
pemerintahan. Bisa saja ada titik-titik lemah pada kekuatannya, tetapi tak
seorang pun mampu menemukannya.
Jelas bin jelas Komunisme adalah
gerakan besar yang punya arti penting sejarah. Tidaklah jelas benar siapakah
yang bisa dianggap paling berpengaruh dalam gerakan ini, Marx atau Lenin. Saya
beranggapan Marx punya arti lebih pentirig karena dia mendahului dan
mempengaruhi Lenin. Tetapi masih bisa dibantah anggapan ini karena kemampuan
politik praktis Lenin merupakan faktor yang amat ruwet dalam hal mendirikan
Komunisme di Rusia. Tanpa peranan Lenin, Komunis rasanya mesti menunggu
bertahun-tahun untuk punya kesempatan memegang kekuasaan dan akan menghadapi
perlawanan yang lebih terorganisir. Karena itu, bukan mustahil tidak bisa
berhasil. Dalam hal memantapkan arti penting Lenin, orang jangan lupa betapa
singkatnya masa kekuasaan dipegangnya. Juga, berdirinya diktatur proletariat di
Uni Soviet lebih besar berkat Lenin ketimbang penggantinya, Stalin yang lebih
keras.
Sepanjang hidupnya Lenin seorang
pekerja keras dan tekun. Dia seorang yang kenamaan dan jumlah buku yang
ditulisnya tak kurang dari 55 jilid. Dia mengabdikan seluruh hidupnya untuk
tujuan-tujuan revolusi, dan meskipun dia mencintai keluarganya, dia tak mau
pekerjaannya terganggu. Ironisnya, biar dia menghabiskan sepenuh umurnya dalam
percobaan melenyapkan penindasan, hasil yang dicapainya dari perjuangan adalah
penghancuran semua segi kebebasan pribadi.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar